Minggu, 24 Februari 2013

Melihat - Mendengar - Merasakan #KelasInspirasi

#KelasInspirasi

Ketika ditanya apa yang menjadi motivasi untuk bergabung menjadi relawan di Kelas Inspirasi ? tulisan saya di form aplikasi adalah menginspirasi & terinspirasi !

Dan pada hari Rabu 20 Februari 2013 harapan menjadi sebuah kenyataan. Selama setengah hari saya berada di SDN 07 Utan Kayu Utara membuka mata saya mengenai dunia pendidikan di Indonesia. 

Saya mengenyam pendidikan di sekolah swasta, dimana semua fasilitas tersedia. Perpusatakaannya terdiri dari satu ruangan yang penuh dengan deretan lemari berisi buku – buku yang dibutuhkan oleh anak murid, bandingkan dengan apa yang saya lihat kemarin buat adik – adik tersebut perpustakaan adalah 4-5 lemari yang ada di pojok Kelas 1 berbagi dengan ruang kelas.  Sekolah saya dulu mempunyai laboratorium , dan lapangan olah raga yang cukup luas, bandingkan dengan lapangan olah raga yang harus dibagi dengan sekolah lain.

Begitu banyak yang tak terjangkau di negeri ini. Namun di antara keterbatasan itu masih ada orang – orang yang menjadi cahaya ... mereka adalah guru – guru di sekolah tersebut. Merekalah penjaga pintu masa depan negeri ini. Dengan loyalitas & ketekunan tak terbantahkan.  Seorang ibu guru, harus menempuh perjalanan dari Bogor – Jakarta untuk sampai di sekolah jam 6 pagi setiap harinya... untuk kemudian mengajar kelas yang dipenuhi oleh 40an anak. Bandingkan dengan kita di jam yang sama mungkin masih merasakan nikmatnya sarapan di rumah.

Buat saya #Kelasinspirasi lebih dari sekedar menginspirasi..

Pernyataan dari Bpk. Anies Baswedan menjadi legitimasi kalimat di atas , ”Saya percaya setelah hari itu, orang – orang ini akan kembali lagi untuk terus berkontribusi karena pengalaman yang membekas di hati akan sulit hilang

Yang dibutuhkan oleh negara ini adalah orang – orang yang mencintai bangsanya. Dan #KelasInspirasi mengajarkan saya dengan cara apa saya bisa berkontribusi untuk mencintai bangsa ini.

Think Big, Start Small, Act Now ...

Tidak ada komentar: